BAB 1
Latar Belakang
Mencermati perkembangan dunia di era globalisasi seperti sekarang ini, sungguh sangat perlu, karena apabila tidak bisa mengikuti arah perkembangan dunia, maka akan ketinggalan zaman.
Perkembangan dunia ke depan yang perlu diperhatikan, antara lain: (1) perkembangan iptek begitu cepat akan berpengaruh pada semua aspek kehidupan termasuk teknologi pendidikan, (2) era global akan menyebabkan lalu lintas tenaga kerja sangat mudah, sehingga akan banyak tenaga kerja asing di Indonesia, sebaliknya banyak tenaga kerja Indonesia di luar negeri (3) era informasi yang menyebabkan siswa dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber sehingga guru dan sekolah bukan lagi satu-satunya sumber informasi, (4) era global tampaknya juga berpengaruh terhadap perilaku dan moral manusia, sehingga sekolah diharapkan berperan menanamkan akhlaq kepada siswa, (5) kesadaran orangtua akan pentingnya pendidikan yang baik bagi anaknya ternyata paralel dengan persaingan antar sekolah untuk menggaet anak yang pandai dengan orangtua yang penuh perhatian, sehingga sekolah yang mutunya jelek akan ditinggalkan mereka, (6) di era AFTA akan dimulai bahasa Inggris akan sangat penting untuk sarana komunikasi di dunia kerja, (7) di era AFTA juga sangat mungkin terjadi pembukaan cabang sekolah luar negeri di kota besar di Indonesia, serta (8) masyarakat semakin faham bahwa pendidikan bukan hanya untuk hal-hal yang bersifat kognitif, sehingga prinsip multiple intelegence menjadi salah satu harapan.
Adapun dasar hukum dari pembuatan kurikulum satuan pendidikan, yaitu sebagai berikut :
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan
3. Standar Isi
4. Standar Kompetensi Lulusan
BAB 2
Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan pendidikan nasional dijabarkan dalam rumusan tujuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Depdiknas yang tekait pada pendidikan formal SMP :
(1) Meningkatkan iman, takwa, dan akhlak mulia;
(2) Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi;
(3) Meningkatkan sensitifitas dan kemampuan ekspresi estetis;
(4) Meningkatkan kualitas jasmani;
(5) Meningkatkan pemerataan kesempatan belajar bagi semua warga negara secara adil,
tidak diskriminatif, dan demokratis.
(6) Menuntaskan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun secara efisien,
bermutu, dan relevan sebagai landasan yang kokoh bagi pengembangan kualitas
manusia Indonesia;
(7) Meningkatkan daya saing bangsa dengan menghasilkan lulusan yang mandiri, bermutu,
terampil, ahli dan profesional, mampu belajar sepanjang hayat, serta memiliki
kecakapan hidup yang dapat membantu dirinya dalam menghadapi berbagai tantangan
dan perubahan;
(8) Meningkatkan kualitas pendidikan dengan tersedianya standar pendidikan nasional dan
Standar Pelayanan Minimal (SPM),
(9) Menata sistem pengaturan dan pengelolaan pendidikan yang semakin efisien,
produktif, dan demokratis dalam suatu tata kelola yang baik dan akuntabel;
(10) Meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen pelayanan pendidikan melalui
peningkatan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah, peran serta masyarakat dalam
pembangunan pendidikan, serta efektivitas pelaksanaan otonomi dan desentralisasi
pendidikan termasuk otonomi keilmuan
BAB 3
Struktur Kurikulum
Komponen | Kelas dan Alokasi Waktu | ||
VII | VIII | IX | |
A. Mata Pelajaran | |||
1. Pendidikan Agama | 2 | 2 | 2 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 |
3. Bahasa Indonesia | 5 | 5 | 5 |
4. Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 |
5. Matematika | 4 | 4 | 4 |
6. Ilmu Pengetahuan Alam | 5 | 5 | 5 |
7. Ilmu Pengetahuan Sosial | 4 | 4 | 4 |
8. Seni Budaya | 2 | 2 | 2 |
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 |
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi | 2 | 2 | 2 |
B. Muatan Lokal | |||
1. Bahasa Daerah Bugis | 2 | 2 | 2 |
2. Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) | 2 | 2 | 2 |
J u m l a h | 36 | 36 | 36 |
C. Pengembangan Diri | |||
1. Bimbingan dan Konseling | |||
2. Bina Vokal | 2 | 2 | 2 |
3. Musik Tradisional | 2 | 2 | 2 |
4. Olah Raga (Senam) | 2 | 2 | 2 |
5. P M R | 2 | 2 | 2 |
6. Pramuka | 2 | 2 | 2 |
Jumlah | 10 | 10 | 10 |
0 komentar:
Posting Komentar